Pages

Minggu, 14 April 2019

KOMPUTASI PARALEL


Komputasi paralel adalah teknik komputasi yang dilakukan secara bersama-sama dengan memanfaatkan beberapa komputer indpenden karena diperlukan kapasitas yang besar baik untuk mengolah dat dalam jumlah besar atau tuntutan proses komputasi yang banyak.

Tujuan utama penggunaan komputasi paralel :
1.    Untuk permasalahan yang besar, terkadang sumber daya komputasi yang ada sekarang belum cukup mampu untuk mendukung penyelesaian terhadap permasalahan tersebut
2.    Adanya sumber daya non-lokal yang dapat digunakan melalui jaringan atau internet
3.    Penghematan biaya pengadaan perangkat keras, dengan menggunakan beberapa mesin yang murah sebagai alternatif penggunaan satu mesin yang bagus tapi mahal, walaupun menggunakan n buah prosesor
4.    Adanya keterbatasan kapasitas memori pada mesin untuk komputasi serial.

Arsitektur memori pada komputer paralel, yaitu shared memory dan distributed memory
1.    Shared memory : arsitektur ini menyediakan global addressing sehingga berbagai prosesor mempunyai cara pengaksesan memori yang seragam.
Berdasarkan frekuensi akses, ada dua jenis shared memory :
Uniform Memory Access (UMA) : setiap prosesor memiliki hak pengaksesan yang seragam dengan prosesor lain
Non Uniform Memory Access (NUMA) : tidak semua prosesor memiliki hak yang sama dalam mengakses memori
2.            Distributed memory : arsitektur ini mempunyai karakteristik di mana setiap prosesor memiliki memorinya masing-masing, sehingga eksekusi instruksi dapat berjalan secara independen antara satu prosesor dengan yang lain. Prosesor akan menggunakan jaringan ketika membutuhkan akses ke memori non lokal. Akses ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab  penulis program. Kelebihan dari arsitektur ini adalah terjaganya skalabilitas ketika terjadi  penambahan prosesor. Sedangkan kekurangannya adalah penulis program harus berurusan dengan detail komunikasi data antara prosesor dan memori non lokal.


SUMBER :

0 komentar:

Posting Komentar