BAB I
PENDAHULUAN
- Latar belakang masalah
Negara – negara yang sedang berkembang
pasti sangat memerlukan kemjauan dari teknologi dan pembangunan untuk negara
itu sendiri agar dapat meningkatakan pendidikan, kesehatan, SDM, dan berbagai
aspek lainya.
Dengan beriringannya perkembangan
tersebut secara otomais menuntut masyaraykat bergerak menuju arah glbalisasi.
Hal yang paling terasa oleh perubahan tersebut adalah pada aspek teknologi
informasi.
Dengan
berkembangnya teknolgi tersebutmenyebabkan banyak perubahan Khususnya masyarakat
dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia
dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap
nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan
maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan
telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota,
namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat
dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan
mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat
pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
2. Rumusan Masalah
·
Apa damapak positive dari teknologi informasi?
·
Apa dampak negative dari teknologi informasi?
·
Apa manfaat teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat?
3. Tujuan Penulisan
·
Untuk mengetahui dampak positive dari perkembangan teknologi informasi
dalam kehidupan masyarakat.
·
Untuk mengetahui dampak negative dari perkembangan teknologi informasi
dalam kehidupanmasyarakat
·
Untuk mengetahui manfaat teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
- Pengertian
1.
Pengertian Teknologi
Kata teknologi secara
harfiah berasal dari bahasa latin’’texere’’yang berarti menyusun atau
membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada
penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu
rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi
ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hal yang
diinginkan. Jacques Ellul (1967)mengartikan teknologi sebagai keseluruhan
metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap
kegiatan manusia.
Menurut Iskandar
Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu
karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih
sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun
istilah “teknologi” belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “
atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi
dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri
menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia
dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat
atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia
Pengertian yang lain,
telah diberikan oleh Arnold Pacey "The application os scientific
and other knowledge to practical task by ordered systems. that involve people
and organizations, living things and machines". Dari definisi ini
nampak, bahwa teknologi tetap terkait pada pihak-pihak yang terlibat dalain
perencanaannya, karena itulah teknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas
budaya dan sosial, ekonomi dan politik.
Definisi teknologi yang
lain diberikan oleh Rias Van Wyk "Technology is a "set of
means" created by people to facilitate human endeavor". Dari
definisi tersebut, ada beberapa esiensi yang terkandung yaitu :
- Teknologi terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan teknotogi bersama dengan keberadaan budaya umat manusia.
- Teknologi merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
- Teknologi merupakan himpunan dari pikiran (set of means), sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat universal, tergantung dari sudtit pandang analisis
- Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi human endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga teknologi harus mampu meningkatkan performansi (kinerja) kemampuan manusia.
Dari definisi di atas,
ada 3 entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, skill(Keterampilan), Algorithnia (Logika
berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).
Teknologi adalah suatu
tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat
diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian
untuk mendapatkan pengetahuan baru. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang
tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan
berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan
untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak
kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus
dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa
oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun
demikian, walaupun pada awalnya diciptakanuntuk menghasilkan manfaat positif,
di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
4.
Pengertian informasi
Informasi merupakan data
yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan pengolahan
(proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi pemakainya. Bentuk
informasi yang kompleks dan terintegrasi dari hasil pengolahan sebuah database
yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan pada manajemen akan
membentuk Sistem Informasi Manajemen. Data merupakan fakta atau nilai (value)
yang tercatat atau mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data merupakan
suatu sumber yang sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan
tersedianya data yang melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif
menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengembangan system informasi
manajemen. Pengertian Informasi, definisi informasi, pengertian data, definisi
data, data dan system.
5.
Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi
adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini
komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima
yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara
Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu
menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan
computer dari waktu kewaktu.
Secara mudahnya teknologi informasi adalah
hasil rekayasa manusia terhadap prosesimasi dari bagian pengirim ke penerima
sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
- Lebih cepat
- Lebih luas sebarannya, dan
- Lebih lama penyimpanannya.
Pada awal sejarah, manusia bertukar
informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan
seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa
yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya
pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja.
Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima
itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara
juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang
disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian
informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa
lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain.
Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar
peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang
dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikanpembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi
yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu
peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti
MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam
penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman
informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
Teknologi informasi
adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini
komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima
yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara
Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu
menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan
computer dari waktu kewaktu
4. Pengertian Masyarakat
Masyarakat bisa diartikan sebagai
pergaulan hidup manusia sehimpun orang yang hidup bersama dalam sesuatu tempat
dengan ikatan aturan tertentu, juga berarti orang, khalayak ramai. Menurut
Hasan Sadily memberi pengertian bahwa masyarakat ialah “Kesatuan yang selalu
berubah, yang hidup karena proses masyarakat yang menyebabkan terjadi proses
perubahan itu”.
Sedangkan menurut Plato masyarakat ialah
“merupakan refleksi dari manusia perorangan”. Suatu masyarakat akan mengalami
keguncangan sebagaimana halnya manusia perorangan yang terganggu keseimbangan
jiwanya yang terdiri dari tiga unsur yaitu nafsu, semangat dan intelegensia.
Dalam konsep An-Nas bahwa masyarakat
adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendiri dengan mengabaikan
keterlibatannya dengan kepentingan pergaulan antara sesamanya dalam kehidupan
bermasyarakat. Dalam hubungan manusia dengan masyarakat terjadi interaksi
aktif. Manusia dapat mengintervensi dengan masyarakat lingkungannya dan
sebaliknya masyarakat pun dapat memberi pada manusia sebagai warganya. Oleh
karena itu, dalam pandangan Islam, masyarakat memiliki karakteristik tertentu.
Prinsip-prinsip ini harus dijadikan dasar
pertimbangan dalam penyusunan sistem pendidikan Islam. Masyarakat merupakan
lapangan pergaulan antara sesama manusia. pada kenyataannya masyarakat juga
dinilai ikut memberi pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan dan perilaku
manusia yang menjadi anggota masyarakat tersebut. Atas dasar pertimbangan ini,
maka pemikiran tentang masyarakat mengacu pada penilaian bahwa:
- Masyarakat merupakan kumpulan individu yang terikat oleh kesatuan dari berbagai aspek seperti latar belakang budaya, agama, tradisi kawasan lingkungan dan lain-lain.
- Masyarakat terbentuk dalam keragaman adalah sebagai ketentuan dari Allah, agar dalam kehidupan terjadi dinamika kehidupan sosial, dalam interaksi antar sesama manusia yang menjadi warganya.
- Setiap masyarakat memiliki identitas sendiri yang secara prinsip berbeda satu sama lain.
- Masyarakat merupakan lingkungan yang dapat memberi pengaruh pada pengembangan potensi individu.
Dari beberapa penjelasan yang telah
dijelaskan di atas, dapatlah diberi kesimpulan bahwa pengertian masyarakat yang
penulis maksudkan ialah sekelompok manusia yang terdiri di dalamnya ada
keluarga, masyarakat dan adat kebiasaan yang terikat dalam satu kesatuan aturan
tertentu.
· Dampak Teknologi Informasi
1. Dampak Positif
Dampak Positif dari munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat
adalah:
1. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan sengan semakin mudah dibantu
perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
2. Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas e-mail,
chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet.
3. Munculnya berbagai jenis jejearing sosial dari adanya teknologi
informasi.
4. Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu hal
melalui internet.
5. Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melaui internet.
6. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi bahkan internet dapat
kita akses di genggaman tangan kita sendiri, yaitu melalui handphone.
7. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling
banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan
pengguna lainnya dari seluruh dunia.
8. Media pertukaran data, para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
9. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia
tahu apa saja yang terjadi.
10. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan, dan lain-lain.
11. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga
tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
2. Dampak Negatif
Dampak negatif dari munculnya Teknologi
Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
2. Munculnya budaya plagiarisme.
3. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin
dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita
sebut 'copast' copy paste.
4. Munculnya pornografi/konten konten dewasa.
5. Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.
6. Mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan ilmu si
pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan.
7. Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita
dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu
berefek tidak baik untuk kantong.
8. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih
suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
9. Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola
perubahan pada interaksi.
10. Meluasnya perjudian.
11. Dengan jaringan yang tersedia penjudi tidak perlu ke tempat khusus
untuk memenuhi keinginannya.
A. Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan
Teknologi informasi serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deret
ukur. Dari tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari
ke jam, dan dari jam ke detik. Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat
pada suatu argumen, bahwa informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus
kehilangan kehumanisannya.
Manusia tidak bisa lepas dari pendidikan
yang sebenarnya juga merupakan kegiatan informasi, bahkan dengan pendidikanlah
informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi
penerus suatu bangsa.
Pengaruh dari Teknologi informasi dan
komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu:
1. Pergeseran dari pelatihan ke penampilan.
2. Pergeseran dari ruang kelasmenjadi
dimana saja dan kapan saja.
3. Pergeseran dari fasilitas kertas
menjadi ‘on line’.
4. Pergeseran dari fasilitas fisik menjadi
fasilitas jaringan kerja.
5. Pergeseran dari waktu siklus ke waktu
nyata.
Sebagai media pendidikan komunikasi
dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer,
internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan
melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media
tersebut.
Dengan adanya teknologi informasi sekarang
ini guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa.
Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari
berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer
atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber
teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan
dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu
satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan
informasi khususnya internet.
Pada saat ini e-learning telah berkembang
dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK seperti: CBT (Computer
Based Training), CBI (Computer Based Instruction), Distance
Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning
Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated
Learning Syatem), LCC(Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based
Training), dsb.
Perkembangan Pendidkan di Era Globalisasi.Kerjasama yang letaknya berjauhan
secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah antar pakar dan juga dengan
mahasiswa. Padahal dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh
menempuh ruang dan waktu untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah
masalah. Saat ini hal ini dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email.
Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui
Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharringdan mailing
list. Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Sulawesi dapat berdiskusi
masalah teknologi komputer dengan seorang pakar di universitas terkemuka di
pulau Jawa. Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen
yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi
masalah lagi.
Di dalam bidang penelitian juga diperlukan
Sharing information agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel).
Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat
digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan
teknologi.
Sebuah aplikasi baru bagi Internet yaitu
Virtual university. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable,
yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika
pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat
ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 40 – 50
orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja.
Penyedia layanan Virtual University ini adalah www.ibuteledukasi.com . Mungkin
sekarang ini Virtual University layanannya belum efektif karena teknologi yang
masih minim. Namun diharapkan di masa depan Virtual University ini dapat
menggunakan teknologi yang lebih handal semisal Video Streaming yang dimasa
mendatang akan dihadirkan oleh ISP lokal, sehingga tercipta suatu sistem
belajar mengajar yang efektif yang diimpi-impikan oleh setiap ahli IT di dunia
Pendidikan. Virtual School juga diharapkan untuk hadir pada jangka waktu satu
dasawarsa ke depan.
Manfaat-manfaat yang disebutkan di atas
sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan Internet sebagai
infrastruktur bidang pendidikan di Indonesia.
B. Penggunaan Komputer di Kehidupan
Masyarakat :
1. Bidang Perbankan
Didalam Bank, komputer digunakan sebagai Sistem Uang
Elektronik (menggunakan ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dan lain lain)
untuk menyimpan data, memproses transaksi dan pembayaran tagihan secara
on-line.
2. Bidang Perdagangan
Komputer sangat membantu untuk memproses data dalam
jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk menyimpan
data transaksi, inventaris persediaan (stock) barang,
pembuatan laporan keuangan, faktur, surat- surat, dokumen dan lain-lain.
Selain tunai pembayaran juga dapat dilakukan secara elektronik dengan
menggunakan credit card atau debit card.
3. Bidang Perindustrian
Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM –
Computer AidedManufacturing) untuk menghasilkan produktivitas kinerja
yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga
kerja. Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan
mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti memasang komponen-komponen
kereta atau membukanya kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat
dalam industri pemasangan kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD
– Computer Aided Design.
4. Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas.
Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan
masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan raya juga
dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada
komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu.
5. Bidang Rumah Sakit
Pada Rumah Sakit modern, komputer digunakan untuk
membantu doktermenjalankan tugasnya seperti mendiagnosis penyakit, menghasilkan
gambar sinar-X bergerak (CAT – Computer Axial Tomography), membantu
orang cacat seperti menghasilkan alat membaca dengan teks khusus bagi
orang tuna netra. Selain itu untuk menyimpan riwayat penyakit pasien,
penggajian para karyawan RS, mengelola persediaan stock obat-obatan.
6. Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenal
sebagai CBE (Computer Based Education). CAI (Computer Assisted
Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam
pelajaran. Selain itu komputer jg dapat digunakan untuk meyimpan data-data
pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian maupun
latihan.
7. Bidang Seni
Synthesizer kini
popular digunakan untuk meniru bunyi alat-alat musik
tradisional seperti bunyi gitar dan piano.
Komputer juga digunakan dalam berbagai proses penciptaan lagu seperti
penyusunan dan rangkaian (sequencing) nada. Grafik komputer
merupakan bidang yang pesat dimajukan kini. Komputer juga telah digunakan
untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasilkan “special
effects”.
8. Bidang Penelitian Ilmu Pengetahuan (Science)
Komputer digunakan untuk penyelidikan tenaga nuklear
dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak. Komputer juga digunakan
untuk penelitian angkasa lepas dan penyelidikan asas dalam sains dan
matematik. Komputer juga digunakan dalam ramalan cuaca seperti mengambil
gambar awan dan dikirim ke bumi. Di bumi para ahli cuaca akan meramal
cuaca pada ketika itu.
9. Bidang Rekreasi
Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi
untuk orang ramai yaitu permainan komputer baik secara online maupun offline. Komputer
juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang
canggih seperti roller coaster dan lain-lain.
10 Bidang Pertahanan dan Keamanan
Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam
sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal
terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk
membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat. Komputer
juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit
untuk mengurangkan biaya.
11. Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari
komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi ialah
proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melalui
alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-mail ialah surat
elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi
dengan menggunakan komputer. MODEM (Modulator/Demodulator)
diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh
dihantar melalui telepon.
BAB III
KESIMPULAN
Dari pembahasan di
atas dapat ditarik kesimpulan :
1. Teknologi merupakan sesuatu tentang cara untuk menyusun, membangun
dengan berbagai cara tidak hanya terbatas dengan mesin saja. Teknologi adalah
suatu rancangan/desain yang merupakan alat untuk memenuhi kebutuhan dengan
bantuan tangan dan pikiran serta mengurangi ketidakpastian dalam memperhitungan
sesuatu yang kita inginkan.
2. Informasi adalah sekumpulan data tentang berbagai hal yang berasal dari
fakta yang dicatat yang kemudian diolah menjadi sebuah bentuk yang berguna dan
bermanfaat bagi pemakainya. Dengan adanya informasi kita bisa mengetahui
tentang berbagai hal tanpa harus melihatnya secara langsung. Entah bersifat
objektif maupun subjektif
3. Teknologi Informasi merupakan sebuah cara untuk mengolah data (memproses
, mendapatkan, menyusun, memanipulasi, mempublikasikan data) untuk menghasilkan
informasi-informasi yang berkualitas. Dengan teknologi informasi kita dapat
memperoleh dan mengetahui tentang informasi-informasi dari berbagai belahan
dunia tanpa harus mengunjunginya serta kita dapat mengetahui informasi lebih
cepat dan lebih luas jangkauannya.
4. Teknologi informasi juga memberikan dampak-dampak terhadap masyarakat
semisal, kita lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan karena adanya
teknologi, dengan teknologi informasi kita dapat berkomunikasi dengan orang
lain dengan fasilitas e-mail, chatting; Selain itu, dengan TI kita dapat
berbelanja memalui situs-situs dan jejaring sosial tertentu. Untuk para
pelajar, dengan adanya teknologi informasi pelajar dapat mencari materi-materi
yang menunjang pembelajaran dengan mencari di dalam internet, dll.
5. Selain memberikan dampak-dampak positif yang sangat banyak, teknologi
informasi juga memberikan dampak-dampak negatif, semisal : munculnya
situs-situs porno(pornografi), meningkatnya plagiatisme, mengurangi sifat
sosial manusia karena lebih cenderung menggunakan internet dari pada bertemu
secara langsung, akibatnya terjadi perubahan interaksi sosial, serta meluasnya
perjudian.
SUMBER :
http://faisalahmadfani.blogspot.co.id/2012/11/pengaruh-perkembangan-teknologi.html
0 komentar:
Posting Komentar